Kamis, 09 Februari 2017

All New Jazz


All-New Honda Jazz merupakan Honda Jazz generasi ke-3 yang masuk ke Indonesia, mobil ini telah mengalami mayor facelift dengan mengusung model baru yang lebih fresh dari generasi sebelumnya yang keluar pada tahun 2008 di Indonesia. PT Honda Prospect Motor mengenalkan Honda Jazz facelift ini pada tanggal 26 Juni 2014 dengan ubahan eksterior, dan interior serta fitur-fitur yang ada di dalamnya.




Exterior

Bisa dibilang eksterior All-New Jazz 2014 berubah total dari generasi sebelumnya. Desain eksterior All-New Jazz lebih mencerminkan karakter mobil Honda yang sekarang, dengan desain depan kombinasi Projector Headlight yang agak sipit dan grille dengan desain Solid Wing Facekhas Honda membuat tampilan All-New Jazz lebih sangar bila dilihat dari depan dibanding generasi sebelumnya. Grille pada All-New Jazz menggunakan warna solid piano black.
Dari samping tidak banyak ubahan, hanya sekilas mobil ini menjadi terlihat lebih kotak dari versi lamanya, ini dikarenakan dimensi panjangnya yang berkurang 36 mm dari versi sebelumnya. Namun mobil ini terlihat lebih besar karena lebarnya bertambah 8 mm dengan tinggi yang sama dengan versi sebelumnya.
Beralih ke belakang, desain belakang All-New Jazz berbeda seluruhnya dengan model terdahulunya. Desain lampu belakang yang baru, bumper belakang baru, dan hadirnya rear spoiler menjadikan secara keseluruhan mobil ini nampak sporty.

Interior

Yang menjadi keunggulan Honda Jazz di sisi interior adalah kepraktisannya. Bagasi yang luas, ruang penumpang yang lega, pelipatan bangku yang fleksibel yang bisa rata dari depan sampai belakang menjadikan All-New Jazz ini mobil paling praktis di kelasnya.
Masuk ke sisi pengemudi, kita disuguhkan dashboard yang hampir serupa desainnya dengan Honda City 2014 namun dengan fitur yang berbeda.
Bicara tentang kekedapan kabin, mobil ini mempunyai kekedapan yang cukup baik, suara dari luar sangat minim, bahkan lebih terdengar suara AC daripada suara kendaraan dari luar. Namun suara mesin masih sedikit masuk terutama saat RPM tinggi tapi ini masih pada batas yang wajar. 
Namun semua itu bisa ditutupi dengan tempat duduk yang ergonomis dengan kursi semi-bucket seat yang dilengkapi dengan pengatur ketinggian (Height Adjuster), serta pengaturan stir yang fleksibel secara tilt dan telescopic menjadikan mobil ini salah satu mobil ternyaman dari sisi pengemudi.
Pindah ke kursi belakang, bukan tanpa alasan jika mobil ini dikenal mobil yang praktis dan nyaman. Dengan legroom dan headroom yang memadai untuk penumpang belakang, duduk di belakang sangat-sangat lega sekali, bahkan lebih lega dari Honda Jazz versi sebelumnya.
Selain itu kursi belakang mobil ini juga mempunyai fitur ultra-seat yang menjadikan metode pelipatan kursinya menjadi sangat fleksibel, bahkan kami bisa menjadikannya sebagai lazy couch untuk tidur dengan melipat bangkunya sehingga menyambung dari depan sampai ke belakang.
Selain itu bagasinya juga tidak perlu diragukan kelapangannya, dengan pelipatan bangku belakang bahkan sampai depan yang rata lantai juga menambah ruang bagasi menjadi lebih luar lagi.

Performa

Mari kita mulai dari bagian mesin, mobil ini masih menggunakan mesin Honda Jazz generasi sebelumnya dengan kapasitas 1,5L SOHC dengan 4 silinder 16 valve iVTEC+DBW (Drive By Wire). Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini lumayan cukup besar yaitu sebesar 120 hp pada putaran mesin 6600 RPM, dengan torsi maksimal yang dicapai sebesar 148 Nm pada putaran 4800 RPM. Akselerasinya cukup responsif, terlihat dari waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam yang hanya 11 detik. Mobil ini juga semakin irit dengan penerapan fitur-fitur baru yang ditanamkan seperti fitur cruise control dan eco assist, yaitu sebuah sistem elektronik komputer yang dapat mengatur kecepatan mobil yang diinginkan secara konstan dan menganalisa perilaku berkendara dari pengemudinya. Konsumsi BBM Honda Jazz RS bisa mencapai 20km/L pada kecepatan stabil di jalan tol. 

Sistem transmisinya tersedia dalam dua pilihan yaitu manual dengan 6 tingkat percepatan dan otomatis (CVT) dengan teknologi Earth Dream Technology. Teknologi ini membuat mesin mobil Honda Jazz RS menjadi lebih responsif dan bertenaga disaat mesin dipacu pada putaran tinggi maupun rendah. Sistem kemudinya menggunakan Rack & Pision with (Electric Power Steering) yang membuat mobil lebih stabil dan mudah dikendalikan. Untuk kestabilan dan kenyamanan dalam berkendara Honda menempelkan MacPherson Strut pada suspensi depan All New Honda Jazz RS dan H-Shape Torsion Beam pada suspensi belakangya.

Dari segi suspensi, All-New Jazz mempunyai suspensi yang sangat lembut, lebih lembut dibandingkan versi sebelumnya. Ini menjadi sangat positif dalam segi kenyamanan penumpang,
Soal keamanan, mobil ini tergolong komplit. Sebagai standar disetiap variannya All-New Jazz sudah dilengkapi Dual Airbags, rem dengan ABS + EBD, rangka bodi G-CON+ACE dan mampu meraih bintang 5 pada Asean NCAP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar