Jumat, 10 Februari 2017

All New City

Honda semakin memantapkan taringnya di ranah mobil eksklusif dengan mengeluarkan varian mobil sedan andalannya yang terbaru yaitu Honda City. Mobil ini semakin kelihatan bertaji dan eksklusif dengan sentuhan desainer Honda yang ciamik. Selain itu dari segi fitur yang disematkan dalam mobil ini Honda menawarkan terobosan terbaru dalam teknologi mini sedan. Honda City ini seakan menjadi senjata utama di dunia pasar mobil sedan eksklusif di seluruh jagat raya termasuk Indonesia.
Sebelum meluncur secara resmi di Indonesia mobil Honda City ini telah dipamerkan di ajang Bangkok Motor Show yang diselenggarakan di negara Thailand. Mobil ini cukup menyita publik setelah sejak tahun 1981 bersaing di kancah mobil sedan. Perlu diketahui bahwa di negara Thailand yang menjadi tempat ajang Bangkok Motor Show Honda City menjadi mobil Honda yang terlaris di jual di pasaran Thailand dengan 93 ribu unit terjual. Sedangkan di Indonesia sendiri Honda City juga cukup laris dengan penjualan 64 ribu unit sejak diperkenalkan di publik Indonesia pada tahun 1996. Nah pada tahun ini Honda kembali menjajal untuk menawarkan varian terbaru Honda City yang penuh dengan hal baru di dalamnya. Yuk kita cek bersama spesifikasi terbaru di dalamnya.

Sedan Mewah dengan Mengusung Desain Masa Kini

Seperti biasa, untuk memulai pembahasan akan mengawalinya dengan mengulas sektor eksterior atau tampilan terluar dari spesifikasi Honda City. Sebagai sedan mewah, Honda memang merancang desain eksklusif pada mobil sedan besutannya ini dengan tampilan yang tak hanya elegan namun juga sporty. Mulai dari bagian depan, spesifikasi Honda City ini akan dilengkapi dengan lampu utama Halogen Projector yang akan menghasilkan pencahayaan lebih terang sehingga akan membantu pengemudi dalam melihat medan jalan ketika melewati jalan yang minim lampu perkotaan. 
Selain itu, pad sektor depan juga terdapat fog lamp yang dapat memberi cahaya lebih bila cuaca berkabut. Masih pada bagian depan, Honda City ini juga akan dilengkapi dengan bumper bagian depan yang dipertegas dengan garis tajam dan lengkungan grille berukuran lebar di mana terbalut warna chrome sehingga membuat tampilannya semakin stylish dan menarik. Lalu, pada bodi sampingnya juga bisa dilihat garis samping lembut yang memanjang dari depan hingga ke belakang yang melalui door handle chrome yang terdapat di keempat pintunya sehingga memberikan kesan elegan, sporty, dan mewah. Di sisi lain, pada tampilan eksterior pada bodi bagian belakang dari spesifikasi Honda City ini, juga turut disematkan pula bodi kit mewah yang dirancang cenderung sedikit agak menonjol pada tiap-tiap sisi. Selain itu, tampak juga sepasang High Mount Stoplamp dan Shark in Antenna pada semua tipenya, menjadikan spesifikasi Honda City ini terlihat memiliki teknologi dan inovasi yang tinggi, apalagi pada spion dipasang Power Retracteble Door Mirror with Tuning Signal, yang membuat si pengemudi akan lebih mudah dalam mengatur arah spion dari dalam kabin.
 Dimensi Ideal dengan Sokongan Suspensi Kokoh Berikan Kenyamanan dalam Berkendara
Setelah mengulas dsektor eksterior dan sektor interior, pada sesi kali ini akan membagikan info terkait dimensi dan suspensi dari spesifikasi Honda City. Jika kita kembali menilik pada sektor interior yang luas, tampaknya keleluasaan tersebut tak leps dari dimensi pembentuk rangkanya. Pasalnya, Honda City ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.442 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi 1.477 mm dengan jarak poros roda 2.600 mm yang disertai pula jarak pijak depan dan belakang yaitu 1.492 dan 1.481. Selain itu, spesifikasi Honda City ini juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang mampu menampung bahan bakar sebanyak 40 Liter sehingga  tidak perlu sering-sering untuk mengisi bahan bakar karena kapasitas tangkinya cukup longgar. Di sisi lain, Honda City ini juga dilengkapi pula dengan suspensi kokoh, yaitu suspensi berjenis MacPherson Strut yang tersematkan pada bagian depan. Sementara itu, untuk suspensi bagian belakangnya menggunakan H-Shape Torsion Beam. 


Kedua suspensi tersebut dirasa sangat cukup untuk menahan getaran atau goncangan yang dihasilkan oleh mobil ini dan memberi rasa kenyamanan yang lebih kepada pengemudi maupun penumpangnya. sementara itu pada bagian kaki kaki dari Honda City ini memiliki ukuran ban 175/65 R15 yang akan membalut velg bejenis Alloy Wheel 15″ X 5 1/2J. Dengan demikian, baik suspensi maupun kaki-kaki dari spesifikasi Honda City tersebut memang dinilai memiliki kualitas yang sudah terbukti mampu bekerja dengan baik. 


Tak sampai di situ saja, untuk menghentikan laju dari mobil Honda City, Honda sendiri telah membekali sistem pengereman yaitu Ventilated disc untuk sistem pengereman bagian depan. Sementara itu, untuk sistem pengereman pada bagian belakangnya akan mengandalkan pengereman Drum di mana keduanya sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS + EBD + BA. Kedua pengereman ini diklaim mampu menghentikan mobil dengan sempurna.



Sektor Ruang Kabin Luas dengan Beragam Fitur Interior yang Canggih
Setelah membahas pada sektor tampilan eksterior, kini sampailah waktunya untuk mengulas sektor interior atau ruang kabin dari spesifikasi Honda City. Memasuki pada ruang kabin, sedan mewah besutan Honda ini akan menyuguhkan interior dengan balutan warna hitam pekat dengan ruang yang luas dan longga sehingga pengemudi maupun penumpangnya pun akan merasa lebih leluasa dan nyaman. 



Selain itu, pada sektor interior Honda City ini dilengkapi dengan beragam fitur hiburan yang serba otomatis terpasang pada bagian dashboard sehingga akan semakin memanjakan penggunanya.


 Salah satunya yaitu fitur hiburan berupa layar berukuran 6,1 inch berfitur touch screen pada versi tertinggi, yang dapat dijadikan sebagai pemutar video. Selain itu, pengguna Honda City pun juga dapat mengunakannya sebagai pemutar musik, baik itu kaset maupun flashdisk yang dapat dihubungkan dengan USB Port dan AUX input. Tak hanya itu saja, kestabilan suhu dalam ruang kabin pun akan tetap terjaga mengingat spesifikasi Honda City ini sudah dielngkapi dengan Air Conditioner yang dapat menyesuaikan suhu ruangan sendiri tanpa harus diatur. Sehingga, ruang kabin pun akan terasa sejuk meski di saat musim panas.
Tak sampai di situ saja, untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara, spesifikasi Honda City pun dibekali pula dengan Tweeter Speakers yang dapat menggema di telinga. Selain itu untuk membuat praktis pengemudi.


Honda juga menyematkan panel fungsional yakni Steering Wheel-Mounted Control serta tombol start & stop engine yang terletak pada sebelah kemudi. Di sisi lain, pengemudi Honda City pun akan lebih mudah dalam membaca kondisi mobil dengan disematkannya Stylish Meter Cluster dengan tampilan 3 Display meters yang menyajikan informasi kecepatan kendaraan, putaran mesin, dan perpindahan gigi secara akurat dan mudah terlihat pada saat berkendara. Sementara untuk informasi dari mobil Honda City mengenai jarak tempuh perjalanan, penggunaan bahan bakar secara rata-rata, dan jarak yang masih bisa ditempuh dengan jumlah sisa bahan bakar yang masih tersedia di tangki bisa dilihat secara real time di dalam sebuah panel berbentuk Multi Information LCD Display. Dan praktisnya lagi, disediakan pula holder mug dan tempat menaruh barang pada spesifikasi Honda City yang dapat memudahkan siapa saja yang mengendarainya dalam menaruh smartphone ataupun botol minum.


Performa Gahar dan Handal Berkat Mesin 1.5 L SOHC Berkapasitas 1497cc
Nah, pada sesi berikutnya ini, akan membahas sektor dapur pacu dari spesifikasi Honda City. Sebagai sedan premium yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal, tentunya Honda tak sembarangan dalam menyematkan komponen mesin pacu pada sektor permesinan dari Honda City ini. Hal itu bisa dilihat dari jenis mesin yang dibenamkan pada sektor tersebut di mana Honda akan membekali sedan mewah besutannya ini dengan tipe mesin 1.5 L SOHC 4 silinder yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 1.497cc dengan 16 katup. Bahkan, mesin tersebut sudah mengusung teknologi –VTEC + DBW + DICT.


 Mesin canggih yang disematkan pada Honda City tersebut, diyakini akan mampu menghasilkan tenaga yang sangat gahar dan handal, yaitu mampu mencapi titik tenaga maksimal hingga 120 Ps pada putara ke 6.600 rpm dan puncak torsinya mampu dicapai pada titik 145 Nm setiap putaran 4.600 rpm. Keganasan tenaga yang dihasilkan dari mesin sedan mewah garapan Honda ini akan dikawinkan melalui 2 varian sistem transmisi, yaitu manual 6 percepatan dan transmisi CVT. Di sisi lain, spesifikasi Honda City ini juga sudah disematkan sebuah teknologi sistem suplai bahan bakar dengan sistem PGM-FI yang diketahui akan memberikan efisensi pasokan bahan bakar dengan perbandingan kompresi 10.3 : 1 sehingga akan membuat Honda City ini menjadi mobil sedan tangguh yang irit bahan bakar dan kinerja mesinnya menjadi lebih optimal.

Dilengkapi Fitur Canggih dan Modern
Menginjak pada segmen terakhir dari spesifikasi Honda City, pada sesi paling akhir akan mengulas pada beberapa fitur yang disematkan pada Honda City. Penyematan fitur berteknologi tinggi pada setiap mobil mewah tampaknya menjadi hal yang sngat perlu diterapkan oleh setip produsen. Begitu juga dengan Honda di mana produsen asal Negeri Sakura ini akan membekali sedan premium garapannya tersebut dengan beberapa fitur untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan serta keamanan si pengemudi.


Untuk memberi rasa kenyamanan dan keselamatan maka Honda City yang akan dibanderol mahal ini akan diperkuat dengan struktur kerangka body G-CON + ACE yang dinilai cukup mampu meredam dan menyalurkan benturan hebat ketika terjadi tabrakan yang tak bisa dihidnari. Kemudian juga terdapat sitem pengereman tambahan yaitu ABS + EBD + BA yang siap membantu pengemudi Honda City dalam mengontrol laju kecepatan dari sedan ini, bahkan untuk rem mendadak sekalipun. Fitur lain juga terdapat pada mobil ini yaitu Dual Frot SRS Airbags, Pedestrion Protection, ISOFIX & Tether untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan pada saat terjadi kecelakaan dari depan dan bisa mengurangi cidera bila terjadi benturan keras. Bagaimana cukup lengkap bukan fitur yang diusung oleh spesifikasi Honda City ini?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar